Selamat Datang di web FKWA ( Forum Komunikasi Winongo Asri )

Selasa, 22 Maret 2016

Pantau Pencemaran Winongo, FKWA Terapkan Program Suaka Ikan

Selasa, 22 Maret 2016 14:34
Laporan Reporter Tribun Jogja, Khaerur Reza
TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - 

Pencemaran sungai bisa sangat berbahaya apabila tidak diketahui oleh masyarakat apalagi bila sampai terminum atau digunakan untuk keperluan lain.
Guna memantau pencemaran yang ada di Sungai Winongo yang melewati 3 kabupaten kota di DIY, Forum Komunikasi Winongo Asri (FKWA) menggalakkan program suaka ikan terutama di bagian hilir yang ada di Bantul.


Ketua FKWA DIY Endang Rohjiani mengatakan program suaka ikan ini dapat menjadi deteksi alamiah apakah air sungai sudah tercemar atau belum."Misalnya di satu daerah ikannya mati semua berarti sungainya sudah tercemar dan tidak aman, misalanya kemarin di daerah bantul yang menjadi hilir sungai ini yang ikan yang hidup hanya ikan lele dan sapu-sapu berarti ada masalah di sana," jelas Endang Selasa (22/3/2016).

Karenanya dengan melihat kondisi ikan yang ada masyarakat juga dapat tau bagaimana kondisi air sungainya.Walaupun di sepanjang aliran Sungai Winongo yang berhulu di Sleman tersebut tidak ada pabrik besar yang mungkin membuang limbahnya ke sungai namun pencemaran tetap ada dan kewaspadaan harus dilakukan.
 
Apalagi Sungai Winongo digunakan untuk berbagai hal oleh masyarakat di sekitarnya mulai mandi hingga memasak.

"Ke depan kita juga akan mencoba membuat saringan air agar masyarakat benar-benar aman dalam menggunakan air dari Winongo, kita masih pikirkan agar kalau ada instalasi saringan air yang lain tidak meluber ke pinggirnya," tambahnya.

FKWA sendiri memiliki program-program khusus yang berbeda di tiap daerah di Sleman mereka menggalakkan penyelamatan mata air.

Di wilayah Kota Yogyakarta yang sudah padat dengan oerumahan digalakkan program M3K (Mundur Munggah Madep Kali) sementara di Bantul mereka menggalakkan program Suaka Ikan. (tribunjogja.com)

Sumber : http://jogja.tribunnews.com/2016/03/22/pantau-pencemaran-winongo-fkwa-terapkan-program-suaka-ikan?page=2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar