Selamat Datang di web FKWA ( Forum Komunikasi Winongo Asri )

Selasa, 07 April 2015

Warga Antusias Dukung Merti Kali


SETIAKY/RADAR JOGJA
KEARIFAN LOKAL: Kepala BLH DIJ Joko Wuryantoro (kiri) dalam acara Merti Kali, kemarin (29/3).
 
 
BANTUL- Kegiatan merti kali yang diprakarsai Badan Lingkungan Hidup (BLH) DIJ mendapatkan sambutan hangat dari para pegiat sungai Ratusan aktivis lingkungan dan masyarakat tumblek blek men-ghadiri acara yang berlangsung di Pusat Kuliner Niten, kemarin (29/3). Di tempat tersebut, Kepala BLH DIJ Joko Wuryantoro secara resmi meluncurkan program merti kali. “Untuk pertama kali, merti kali ini dilakukan di Sungai Winongo. Selanjutnya akan diikuti dua sungai lain, Code dan Gajahwong,” ungkap Joko memberikan sambutan.

Menurut Joko, merti kali mer-upakan bentuk kearifan lokal masyarakat dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan sungai. Ia berharap, dengan kegiatan tersebut, kualitas maupun kuantitas baku mutu air sungai dapat ditingkatkan. “Dengan merti kali ini, diharapkan mampu menumbuhkan kebersamaan, kesadaran, dan kepedulian masyarakat, maupun pemerintah menjaga kelestarian sungai,” tuturnya.Merti kali tersebut juga digunakan sebagai momentum deklarasi Forum Komunikasi Winongo Asri (FKWA) DIJ. Forum tersebut berdiri di Sleman, Kota Jogja dan Bantul. Tiga daerah tersebut, selama ini dilintasi oleh aliran Sungai Winongo.
Peresmian FKWA dilakukan Wakil Wali Kota Jogja Imam Priyono. Dari tiga kepala daerah yang wilayahnya dialiri Sungai Winongo, IP, sapaan akrabnya, merupakan satu-satunya kepala daerah yang hadir. Karena itu, ia kemudian didaulat memberikan sambutan. Di depan ratusan aktivis sungai, IP secara khusus mengajak agar setiap orang berjihad untuk bersama-sama menyelematkan sungai.“Mari kita lakukan amar ma'ruf nahi munkar demi kelestarian alam dan sungai,” ajaknya.
IP juga mewanti-wanti agar setiap manusia tidak sekali-kali merusak sungai. Bila hak-hak sungai dilanggar, konsekuensi-nya alam yang akan bicara. “Kalau alam marah, kita semua bisa repot. Masyarakat harus diberi tahu, semua ini demi anak cucu kita kelak di kemudian hari,” ingatnya.Usai pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan aksi bersih-bersih Sungai Winongo yang lokasinya tak jauh dari pusat acara. Dengan berbekal berbagai peralatatan, sejumlah aktivis sungai anggota FKWA langsung terjun ke dasar sungai. Mereka bahu membahu membersihkan sungai.
Beberapa sampah berhasil diangkat dari dasar sungai. Kabid Pengendalian Pencemaran Lingkungan BLH DIJ Agus Setianto menjelaskan, aksi bersih-bersih itu akan berlangsung selama satu pekan. “Ada sem-bilan titik lokasi di Sungai Winongo ini menjadi sasaran. Tenaga yang kami terjunkan mirip dengan kegiatan padat karya,” terang Agus. Minggu depan aksi serupa akan menyasar ke Sungai Code. “Lokasi Code kami siapkan di daerah Prawirodirjan belakang THR (Sekarang Purawisata),” imbuh Kepala BLH Kota Jogja Irfan Susilo yang juga hadir di lokasi.(amd/jko/ong)

Sumber : http://www.radarjogja.co.id/blog/2015/03/30/warga-antusias-dukung-merti-kali/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar