Selamat Datang di web FKWA ( Forum Komunikasi Winongo Asri )

Sabtu, 29 Agustus 2015



BANTUL – Keresahan warga sekitar Kali Winongo akibat kondisi sungai nampaknya akan teratasi. Atas deklarasi Forum Komunikasi Winongo Asri DIY pada 29 Maret 2015, berbagai stakeholder bahu membahu mengatasi permasalahan sungai, termasuk permasalahan mengenai sampah. Sejurus dengan hal ini mereka juga mengadakan Merti Kali Winongo bersama warga setempat.

Permasalahan mengenai sampah dan kualitas air sungai memang menjadi dua hal yang tidak dapat terpisahkan. Pembuangan sampah di sungai dapat mengakibatkan banjir hingga menurunkan kualitas air. Sungai Winongo dapat dikatakan sebagai salah satu sungai yang patut diperhatikan. Salah seorang warga Glondong, minggu (29/3) menuturkan bahwa banyak sampah menumpuk di sungai, apalagi saat banjir. Mereka sering bergotong-royong untuk membersihkan sampah dengan alat sekadarnya. Namun saat banjir tiba, mereka tidak dapat berbuat apa-apa karena derasnya aliran sungai.

Menyikapi permasalahan tersebut, pemerintah dan berbagai stakeholder menyepakati pembentukan Forum Komunikasi Winongo Asri DIY (FKWA DIY). Bertempat di Taman Bermain dan Ruang Pamer Pasar Niten Bantul, pembukaan kegiatan Merti Kali Winongo dan Deklarasi FKWA DIY dihadiri oleh berbagai kalangan dari Pemerintah Kabupaten Bantul, Pemerintah Kabupaten Sleman, Pemerintah Kota Yogyakarta, aktifis pecinta lingkungan, hingga masyarakat sekitar Kali Winongo. Dalam sambutannya Endang selaku perwakilan FKWA DIY menuturkan bahwa diperlukan satu pokja untuk menangani permasalahan satu sungai.

“Satu sungai, satu pokja. Ini bagian dari tanggung jawab kami (FKWA DIY-red) kepada masyarakat. Kita bisa mewujudkan Winongo Asri, Winongo Wisataku,” ujar Endang (29/3). Tidak hanya deklarasi FKWA DIY, kegiatan ini dilanjutkan dengan bergotong royong membersihkan sampah yang berada di sungai.

Desiana Rizka Fimmastuti
sumber : http://suarapemudajogja.com/2015/03/30/merti-kali-dan-deklarasi-fkwa-diy-solusi-permasalahan-sungai-winongo/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar